Jumat, 08 Agustus 2008

Papua

Museum Negeri Provinsi Papua – Papua
Terletak di Jalan Raya Sentani Km 17,8 Waena, Jayapura. Di museum ini, dikoleksi 3.916 buah benda purba kala dai 10 jenis koleksi. Sebagian besar koleksi benda purbakala itu berupa benda-benda lukisan etnografi, geologi, tekstil, dan arkeologi. Di Papua terdapat lima kebudayaan besar, yaitu kebudayaan kulit kayu (Jayapura), kebudayaan koteka (di pegunungan tengah Jayawijaya dan Painai), kebudayaan korwar (di kawasan Teluk Saireri sampai Barat, yaitu Kepulauan Raja Ampat Sorong), kebudayaan kain timor, yakni di wilayah kepala burung (Monokwari, Sorong sampai Bomberay Fakfak), serta kebudayaan ukiran yang meliputi pedalaman Fakfak sampai Kabupaten Merauke, khususnya etnik Asmat.

Museum Loka Budaya – Papua
Museum ini berada di kawasan Universitas Cendrawasih. Koleksinya berupa peninggalan kebudayaan masyarakat Papua, termasuk koleksi ukiran Suku Asmat.

Museum Pilamo – Papua
Terletak didesa Wasaput, 2 km dari Kota Wamena. Koleksi benda-benda budaya seperti alat-alat perang antarsuku di Wamena, yang disebut Awarek dan batu berbentuk burung yang usianya lebih dari 5.000 tahun.

Tidak ada komentar: